Kamis, 28 Maret 2013

Kreatif Memilih Sudut Pandang dalam Menulis Cerpen

Salah satu hal yang perlu dilakukan dalam membuat cerpen adalah memilih sudut pandang (point of view). Ada sudut pandang orang pertama, sudut pandang orang ketiga, sudut pandang objektif, dan sudut pandang omniscient (serba tahu).
Sudut pandang orang pertama menjadi salah satu pilihan cerpenis untuk bercerita. Kelebihan sudut pandang –yang juga dikenal dengan teknik sudut pandang “aku”-ini adalah tokoh cerita langsung bercerita pada pembaca. Ini memberikan efek seakan pembaca menyaksikan langsung kejadian dalam cerita melalui penuturan langsung tokoh ceritanya.
Nah dalam sudut pandang orang pertama, penulis dapat membuat variasi dengan cara menggunakan tokoh yang berganti-ganti dalam cerpennya. Terkadang penulis menggunakan dua atau bahkan tiga tokoh secara bergantian menggunakan sudut pandang orang pertama. Jika pembaca tidak jeli, maka penggunaan teknik ini dapat membingungkan. Namun bagi pembaca yang jeli, teknik ini dapat memberikan efek yang semakin menghidupkan cerita. Pembaca seperti langsung menyelami kedalaman batin masing-masing tokoh.
Sedangkan bagi penulis, teknik ini dapat mempermudah dalam memperdalam cerita yang dibangun. Dengan sudut pandang orang pertama berganti-ganti tokoh, maka penulis dengan leluasa bercerita lebih dalam dan lebih jauh melalui tokoh-tokohnya itu.
Hebatnya, sudut pandang orang pertama tidak hanya bisa digunakan oleh tokoh-tokoh manusia yang bergantian. Tokoh makhluk lain pun bisa menggunakannya, bahkan benda mati pun bisa menggunakannya melalui kreatifitas yang dipoles oleh cerpenis yang telah terasah kemampuannya. Selain manusia, sudut pandang orang pertama dapat digunakan melalui tokoh binatang, tumbuhan, sajadah, mobil, boneka, setan dan sebagainya. Sebuah variasi yang sangat menantang baik bagi penulis maupun pembacanya.
Memilih sudut pandang merupakan langkah awal cerpenis dalam memulai ceritanya dengan teknik bercerita yang dikembangkannya. Sudut pandang yang tepat, akan membawa cerpenis pada teknik bercerita yang tepat pula. Hal itu pada akhirnya akan menghasilkan cerpen dengan teknik bercerita yang tidak biasa, bahkan bisa menjadi luar biasa.

Sumber : http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2012/10/10/kreatif-memilih-sudut-pandang-dalam-menulis-cerpen-500222.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar