Berpikir
tentang DELL, pertama kali yang terlintas dipikiran kita adalah DELL
merupakan sebuah perusahaan komputer yang sukses. Namun sekarang DELL
juga memproduksi televisi.
Bagaimana
DELL bisa memutuskan untuk masuk kedalam bisnis ini?. Apakah mereka
sudah akan bersaing dengan produsen televisi yang sudah memiliki nama
seperti Sony dan Panasonic?. Apakah target pasar DELL adalah pelanggan
yang sama dengan yang membeli produk computer mereka atau menargetkankan
pelanggan baru yang berbeda?. Semua hal diatas behubungan dengan
strategi pemasaran yang akan dibahas dalam bab ini.
1. Tugas Manajemen pada Pemasaran
Proses manajemen pemasaran
adalah proses dari merencanakan aktivitas pemasaran, mengatur
pelaksanaan dari rencana-rencana tersebut dan mengendalikan
rencana-rencana tersebut (bagan 1). Perencanaan, pelaksanaan dan
pengendalian adalah tugas-tugas dasar dari semua manajer. Manajer
pemasaran juga harus dapat melihat kesempatan-kesempatn yang baru.
Perencanaan (manajemen) strategi
adalah tugas strategi perencanaan untuk memandu keseluruhan perusahaan.
Hal ini berarti proses manajerial dari mengembangkan dan memelihara
perpaduan antara sumber daya organisasi dan kesempatan pasar yang ada.
Tugas ini termasuk perencanaan untuk produksi, keuangan, sumber daya
manusia dan lain-lain yang dilakukan oleh manajemen puncak.
2. Apakah Perencanaan Strategi Pemasaran?
Perencanaan strategi pemasaran berarti menemukan
kesempatan-kesempatan menarik dan mengembangkan strategi pemasaran yang
menguntungkan.
Strategi pemasaran terdiri dari target pasar dan paduan pemasaran yang berhubungan. Target pasar adalah kelompok yang sebenarnya sama dari konsumen yang mana perusahaan berharap mereka untuk tertarik. Paduan pemasaran adalah variable-variabel yang dapat dikendalikan dimana perusahaan meletakkannya bersama untuk memuaskan kelompok target ini.
3. Pemilihan Strategi Berorientasi Pasar adalah Target Pemasaran
Strategi pemasaran mengacu pada beberapa konsumen target tertentu. Target pemasaran adalah paduan pemasaran yang dibuat untuk memenuhi konsumen target yang spesifik. Pemasaran massal hampir
sama dengan pendekatan yang berorientasi pada produksi, yaitu ditujukan
dengan tidak jelas kepada setiap orang dengan paduan pemasaran yang
sama.
Manajer yang berorientasi pada produksi melihat setiap orang pada
dasarnya adalah sama dan menerapkan pemasaran massal. Sedangkan manajer
yang berorientasi pada pemasaran melihat setiap orang pada dasarnya
adalah berbeda dan menerapkan pemasaran target.
4. Pengembangan Paduan-Paduan Pemasaran untuk Target Pasar
Ada banyak cara yang memungkinkan untuk memuaskan kebutuhan
pelanggan yang menjadi target. Akan tetapi sebenarnya ada empat variable
dasar dalam paduan pemasaran yang disebut 4Ps. 4Ps yang merupakan
bagian utama dari paduan pemasaran adalah product (produk), place
(tempat), promotion (promosi) dan price (harga). Pelanggan ( C ) bukan
bagian dari paduan pemasaran melainkan target dari semua pemasaran.
4Ps
harus dibuat dan dilaksanakan secara bersamaan. Penting untuk
ditekankan bahwa memilih target pasar dan pengembangan paduan adalah
saling berhubungan.
5. Rencana Pemasaran adalah Panduan untuk Pelaksanaan dan Pengendalian
Rencana pemasaran
adalah pernyataan tertulis dari strategi pemasaran dan bagian-bagian
yang berhubungan secara waktu untuk membuat strategi. Bagian-bagian itu
adalah (1) paduan pemasaran apa yang akan ditawarkan, kepada siapa
(pasar target) dan berapa lama ; (2) sumber daya apa yang ada dalam
perusahaan (biaya) yang akan diperlukan ; (3) hasil apa yang diharapkan
(penjualan dan laba yang mungkin dalam setiap bulan atau setiap empat
bulan, tingkat kepuasan konsumen dan kesukaan.
Setelah pengembangan rencana pemasaran, manajer kemudian fokus
dengan pelaksanaaan. Pelaksanaan adalah meletakkan rencana pemasaran
kedalam opeerasi. Keputusan operasional yang merupakan keputusan jangka
pendek untuk membantu pelaksanaan strategi akan dibutuhkan dalam
pelaksanaan.
Program pemasaran memadukan semua rencana-rencana perusahaan kedalam sebuah rencana besar.
6. Program Pemasaran harus Membangun Ekuitas Pelanggan
Program perusahaan akan bermanfaat bagi perusahaan jika dapat meningkatkan ekuitas pelanggan. Ekuitas pelanggan
adalah arus pendapatan yang diharapkan (keuntungan) dari pelanggan yang
ada saat ini dan pelanggan yang prospektif bagi perusahaan selama
beberapa periode waktu.
7. Pentingnya Perencanaan Strategi Pemasaran
Keputusan strategi pada suatu saat
adalah keputusan yang memutuskan apa akan dilakukan perusahaan dan
strategi yang yang akan mengikutinya, biasanya menentukan kesuksesan
atau kegagalan. Rencana yang sangat bagus mungkin saja tidak bagus dalam
pelaksanaannya dan masih dapat keuntungan. Sedangkan rencana yang tidak
bagus mungkin saja dapat dilaksanakan dengan bagus tetapi tidak
menghasilkan laba.
8. Perencanaan Strategi yang Kreatif Diperlukan untuk Bertahan
Perencanaan strategi yang kreatif menjadi semakin penting.
Persaingan domestic dan asing mengancam perusahaan yang tidak dapat
menyediakan nilai pelanggan yang tinggi dan menemukan cara yang lebih
baik dalam menjalin hubungan dengan pelanggan. Pasar baru, pelanggan
baru dan cara baru dalam melaksanakan sesuatu harus ditemukan jika
perusahaan ingin tetap beroperasi di masa yang akan dating dan
menyumbang peran pada system pemasarn mikro. Oleh karena itu perusahaan
harus fokus pada penerapan yan terbaik untuk hasil yang lebih baik.
9. Apakah Kesempatan yang Menarik
Kesempatan yang berupa terobosan adalah kesempatan yang membantu para innovator mengembangkan hard-to-copy
strategi pemasaran yang akan sangat menguntungkan untuk jangka
panjang. Hal ini penting karena selalu ada para peniru yang ingin
berbagi keuntungan dengan para innovator.
Jika tidak dapat menemukan kesempatan yang berupa terobosan,
perusahaan harus mencoba untuk memperoleh manfaat kompetisi untuk
meningkatkan kesempatan memperoleh laba atau kelangsungan untuk
bertahan. Manfaat kompetisi berarti bahwa perusahaan mempunyai paduan
pemasaran yang mana pasar target melihat sebagai sesuatu yang lebih baik
daripada paduan pemasaran pesaing.
10. Proses Perencanaan Strategi Pemasaran Fokus pada Kesempatan-Kesempatan
Diferensiasi
berarti bahwa paduan pemasaran yang dimiliki berbeda dan yang lebih
baik dari pada yang ada pada pesaing. Bantuan yang berguna untuk
mengidentifikasi kriteria perlindungan yang relevan dan untuk membuat
dari awal strategi yang memungkinkan untuk dibuat, dibutuhkan SWOT
analisis. SWOT analisis yang mengidentifikasi dan mendaftar kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), kesempatan(opportunities) dan ancaman (threats) dari perusahaan.
Analisis SWOT yang baik membantu manajer fokus pada strategi yang
membawa manfaat dari kesempatan dan kekuatan perusahaan dan juga
mencegah kelemahan dan ancaman pada kesuksesan perusahaan.
11. Tipe-Tipe dari Kesempatan-Kesempatan untuk Dilakukan
Penetrasi pasar
berarti mencoba meningkatkan penjualan dari produk yang ada saat ini
diperusahaan pada pasar yang ada saat ini, mungkin melalui paduan
pemasaran yang lebih agresif.
Pengembangan pasar berarti mencoba meningkatkan penjualan dengan menjual produk yang ada saat ini diperusahaan pada pasar yang baru.
Pengembangan produk berarti menawarkan produk baru dan produk yang telah ditingkatkan mutunya untuk pasar yang ada saat ini.
Diversifikasi
berarti perubahan secara keseluruhan garis usaha perusahaan melalui
produk yang benar-benar baru, pasar baru dan bahkan tingkatan pada
system produksi pemasaran.
12. Kesempatan Internasional harus Dipertimbangkan.
Dunia menjadi lebih kecil dengan adanya peningkatan perdagangan
internasional diseluruh dunia dan berkurangnya hambatan dalam
perdagangan tersebut. Bahkan dengan adanya e-commerce, transportasi dan
komunikasi membuat lebih mudah dan lebih murah untuk mencapai pelangan
internasioanal.
Kesempatan internasional harus dipertimbangkan pada proses
perencanaan startegi, tetapi tidak akan selalu menjadi yang menarik
(dalam mencari keuntungan) untuk dimasukkan dalam strategi. Sebagaimana
kesempatan didalam negeri, manajer harus mempertimbangkan kesempatan
internasional ini dengan tujuan dan sumber daya dari perusahaan, begltu
juga dengan melihatkekuatan dan kelemahan perusahaan.
Sumber : http://belajar-management.blogspot.com/2010/01/perencanaan-strategi-pemasaran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar